Fakta Unik, Warga Kota di Indonesia “Mengakses Ponsel 5,5 Jam Dalam Satu Hari'

Menurut riset yang dilakukan oleh Google dan Gfk, 61% warga kota di Indonesia memiliki ponsel pintar dan dalam satu hari mempergunakannya selama 5,5 jam.

Survei tersebut dilakukan di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang dan Surabaya.
Apakah hidup Anda sudah dikuasai ponsel (sumber- reuters)
Apakah hidup Anda sudah dikuasai ponsel (sumber- reuters)


Hasil survei tersebut juga menunjukkan bahwa warga kota bisa menggunakan atau mengakses sampai 16 aplikasi atau situs tiap harinya.

Henky Prihatna, Indonesia Country Counsultant of Google, mengatakan bahwa dari hasil riset ini menunjukan "semakin pentingnya" ponsel bagi para penyedia konten dan pebisnis untuk menyentuh para konsumen.

Waktu yang sampai 5,5 jam tersebut dipergunakan oleh pengguna ponsel untuk mengakses media sosial, mencari informasi, berbelanja, mencari hiburan, dan berkomunikasi. "Sayangnya untuk produktivitas masih sangat kecil sekali," tambah Henky, dalam paparannya Kamis (03/09).


Tidak Aneh

Ponsel pintar sepertinya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari warga di kota-kota besar. Data We Are Social pada Maret 2015 menyatakan dari 255,5 juta penduduk Indonesia, sebanyak 72,7 juta di antaranya aktif menggunakan internet. Sementara koneksi ponsel mencapai 308 juta.
Survei Google Indonesia, GFK
Hasil Riset Google Indonesia dan Gfk


Mahasiswa di Jakarta, Maribeth Jenita (20) mengaku sangat dekat dengan ponselnya. Dia menuturkan, "Saya autis banget sama smartphone. Biasanya chat terus, habis itu main ask fm, buka Instagram, Snapchat, Path, dan browsing-browsing."

Lain lagi apa yang dikemukakan oleh David Moza Saroinsong (19) yang mengatakan bahwa sudah bukan keanehan lagi baginya untuk berjalan sambil menggunakan ponsel di pinggir jalan. Dia menambahkan, "Biasanya mendengarkan lagu, YouTube, buka media sosial, chatting. App yang paling sering dibuka sih Path."


Perilaku Belanja

Riset ini juga memperlihatkan bahwa ponsel telah mengubah perilaku belanja warga kota. Pengguna akan mencari dan membandingkan informasi dari mana saja (termasuk dari mesin pencari dan aplikasi ponsel) untuk akhirnya memutuskan melakukan pembelian.

"Ini adalah generasi yang tidak takut pada informasi. Mereka cenderung mencari apa yang tersedia dan kemudian memutuskan," kata Madeleine Ong, Vice President Marketing Division Elevenia dalam kesempatan yang sama.

Mempelajari kapan dan bagaimana warga kota menggunakan ponselnya merupakan kunci keberhasilan berbisnis di internet dan potensinya sangat besar. "Walau pertumbuhan ekonomi di Indonesia cenderung melambat, tetapi kami malah mencatat kenaikan," kata Madeleine.

Di Elevania misalnya, waktu terbaik untuk meluncurkan promosi dan potongan harga adalah pada siang hari (dari pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB) dan malam hari (pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB).
"Cukup mengejutkan karena siang hari adalah waktunya mereka bekerja, dan mungkin mereka tidak akan mengakui kalau mereka buka situs belanja saat jam kerja," candanya.


Sumber: BBC Indonesia

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak